Penguatan Komunitas Penggerak Pendidikan Daerah (KPPD) Tahun 2024

Penguatan Komunitas Penggerak Pendidikan Daerah (KPPD) Tahun 2024

"Kuatkan Kolaborasi, Wujudkan Sinergi untuk Percepatan Transformasi Pendidikan”


Penguatan Komunitas Penggerak Pendidikan Daerah (KPPD) Tahun 2024





Bandung, 6 Maret 2024 – Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jawa Barat menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penguatan Komunitas Penggerak Pendidikan Daerah (KPPD) Tahun 2024 pada 4 - 7 Maret 2024. Mengusung tema “Kuatkan Kolaborasi, Wujudkan Sinergi untuk Percepatan Transformasi Pendidikan”, kegiatan ini mengundang para pengurus KPPD dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.

Acara dibuka dengan sambutan dari Kepala BBGP Provinsi Jawa Barat adalah Dr. Mohamad Hartono, M.Pd.. Dalam sambutannya, beliau menekankan pentingnya kolaborasi dan sinergi antar berbagai pihak dalam mempercepat transformasi pendidikan.

“KPPD sebagai komunitas yang dibentuk oleh guru penggerak memiliki peran strategis dalam mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi dan sinergi yang kuat antar anggota KPPD, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya,” 

Rakor KPPD 2024 menghadirkan narasumber-narasumber inspiratif, di antaranya Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud RI saat ini adalah Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd. memaparkan materi tentang kebijakan transformasi pendidikan dan peran KPPD dalam mendukung kebijakan tersebut. Acara ini di hadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan masing-masing Kota/kabupaten beserta staff untuk menandatangani MOU Kerjasama Program KPPD dan Instansi Pemerintah di bidang pendidikan. 

Ragam Kegiatan dan Diskusi

Selain pemaparan materi, Rakor KPPD 2024 juga diisi dengan berbagai kegiatan, seperti:

  • Forum diskusi: Para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas berbagai topik terkait peran KPPD dalam percepatan transformasi pendidikan.
  • Sharing session: Beberapa KPPD dari kabupaten/kota di Jawa Barat yang telah menunjukkan kinerja dan prestasi terbaiknya dalam berbagai kegiatan berbagi pengalaman dan praktik baiknya kepada peserta lain.
  • Outbond : Para peserta berkesempatan untuk mengikuti outbond yang menarik untuk mempererat silaturahim seluruh anggota KPPD

Penutup

Rakor KPPD 2024 diharapkan dapat menghasilkan rumusan program dan kegiatan yang konkret untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi antar anggota KPPD, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mempercepat transformasi pendidikan di Jawa Barat.

Kegiatan ini ditutup dengan penyerahan penghargaan kepada KPPD berprestasi dan foto bersama seluruh peserta.

Tagar: #BBGPJawaBarat #KPPD #TransformasiPendidikan #Kolaborasi #Sinergi

Pesan kunci:

  • Rakor KPPD 2024 dihadiri oleh para pengurus KPPD dari 27 Kota/Kabupaten se-Jawa Barat.
  • Rakor ini bertujuan untuk memperkuat kolaborasi dan sinergi antar KPPD, pemerintah daerah, dan pemangku kepentingan lainnya dalam mempercepat transformasi pendidikan.
  • Berbagai kegiatan dan diskusi diadakan dalam Rakor KPPD 2024, seperti forum diskusi, sharing session, dan pameran best practice.
  • Rakor KPPD 2024 diharapkan dapat menghasilkan rumusan program dan kegiatan yang konkret untuk mempercepat transformasi pendidikan di Jawa Barat.

Presentasi Program KPPD - BBGP Prov Jabar



No Materi/Link Penting Download
1) Undangan Penguatan KPPD
2) Program Prioritas Kemendikbud Ristek RI 2024
3) Menciptakan Lingkungan Belajar
4) Penguatan KPPD Kab/Kota Prov Jabar
5) Rencana Tindak Lanjut KPPD 2024

Posting Komentar

1 Komentar