Bagaimana Mengisi Kinerja BK yang Observasi?

🤔 Apa Solusinya Jika Belum Ada Pilihan BK di Observasi?

Ada pertanyaan dari teman guru BK mengenai pengisian kinerja observasi yang belum ada pilihan untuk BK. Bagaimana solusinya? Tim pengembang PMM menyarankan untuk memilih opsi "lainnya" terlebih dahulu. Kemudian, di dalam deskripsi, tuliskan kegiatan bimbingan konseling atau mungkin IPAS (Intervensi Pemantauan dan Asesmen Siswa). Jika sudah dilakukan pembaruan secara keseluruhan, pasti akan muncul mata pelajaran BK. Jadi, tunggu saja solusinya. Lakukan observasi dengan mata pelajaran lainnya. Di bawahnya, tambahkan keterangan "BK" pada deskripsi. Tidak apa-apa karena saat ini pengembang sedang fokus memperbaiki aplikasi IPMM untuk kebutuhan penilaian. Jadi, urgensinya ada di sana, bukan memperbaiki masalah BK. Jadi, masalah BK pasti akan ada solusinya.

💡 Bagaimana Solusi untuk Kepala Sekolah yang Belum Bisa Melihat MHK dan Perencanaan Observasi?

Ada juga pertanyaan dari kepala sekolah yang belum bisa melihat MHK (Materi Harian Kelas) dan belum bisa merencanakan observasi untuk kepala sekolah. Hal ini disebabkan karena modul PMM belum tersedia. Pertama, terkait kepala sekolah, RHK (Rencana Harian Kelas) sudah dibuat. RHK ini terkait dengan siapa yang akan menilai kepala sekolah, yaitu para pengawas. Pengawas akan diberikan akun untuk mengakses PMM. Apakah akun tersebut berasal dari kepala dinas atau akan dibentuk sesuai dengan binaan kepala sekolah, kita akan tunggu. Jawabannya pasti akan ada dalam waktu dekat. Jadi, yang penting jangan panik. Lakukan observasi walaupun mungkin dengan menggunakan formulir yang ada di perpustakaan. Lakukan seperti biasa, dan nanti tinggal dituangkan di PMM. Jika masih terkendala karena kepala sekolahnya belum jelas, seperti masih PLT (Penjabat Sementara) dan lain-lain, lakukan aktivitas seperti biasa. Urusan PM hanya mencatat apa yang ada, hanya sebagian dari aktivitas yang sesungguhnya. Aktivitas sehari-hari pasti ada. Manfaatkan formulir yang ada. Jika belum ada formulir yang di direvisi (7606 I formulir A sampai D), manfaatkan formulir itu untuk mencatat observasi dari mulai perencanaan hingga refleksi pindak lanjut.

👥 Apakah Layanan Individu atau Kelompok BK Bisa Dimasukkan dalam Rencana Observasi?

Pertanyaan dari guru BK, apakah layanan individu atau kelompok bisa dimasukkan dalam rencana observasi? Tidak harus. Layanan seperti itu tidak harus dilakukan di dalam kelas. Jumlah total kebutuhan guru BK minimal adalah 150 orang atau 5 rombongan. Jadi, jika di sekolah terdapat total siswa sebanyak dua kali lipatnya, misalnya 300-350, maka minimal dua kali lipatnya yaitu 150. Jumlah siswa. Aktivitasnya silakan ada aktivitas yang dilakukan di dalam kelas. Misalnya, jika siswa kelas 3 di SMA atau SMP akan segera memasuki masa peminatan, mereka membutuhkan bimbingan secara massif. Namun, ada juga siswa yang datang satu persatu. Semua itu bisa dimasukkan dalam rencana observasi. Terima kasih.

Made with VideoToBlog

Posting Komentar

0 Komentar